November 26, 2022

8 Cara untuk Meningkatkan Penyiapan Dual Monitor Anda

8 Cara untuk Meningkatkan Penyiapan Dual Monitor Anda – Apakah Anda sedang bekerja keras atau bermain keras, banyak monitor memberi Anda lebih banyak ruang untuk menyelesaikan pekerjaan. Tulis dokumen di satu layar sambil mereferensikan halaman web di layar Anda yang lain. Game di satu layar sambil mengobrol di Discord di layar lain. Berpura-puralah Anda memperhatikan panggilan Zoom Anda di satu layar saat Anda sebenarnya hanya mengobrol di Slack di layar lain.

8 Cara untuk Meningkatkan Penyiapan Dual Monitor Anda

dualscreenwallpaper – Hari-hari ini, menyiapkan dua monitor itu mudah, tetapi jangan hanya memasang layar kedua dan menyebutnya sehari. Setelah semuanya diatur, ada lagi yang dapat Anda lakukan untuk membuat pengaturan multi-monitor berfungsi untuk Anda.

1. Sejajarkan Tampilan

Jika monitor Anda memiliki merek dan model yang sama, Anda mungkin dapat melewati bagian ini setelah Anda menyambungkan keduanya, Windows akan secara otomatis memperluas desktop Anda secara horizontal. Sesuaikan dudukan masing-masing monitor agar sejajar dengan sempurna, dan Anda siap berangkat ke balapan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Overscan di Windows 10 Agar Sesuai dengan Layar

Namun, jika Anda memiliki dua monitor yang berbeda, Anda mungkin perlu melakukan sedikit lebih banyak pekerjaan untuk membuatnya bermain dengan baik satu sama lain. Misalnya, mungkin Anda menyambungkan laptop ke layar eksternal dan menggunakannya berdampingan. Ini akan menghasilkan beberapa perilaku aneh, tetapi mudah diperbaiki.

Klik kanan pada desktop dan pilih Pengaturan Tampilan . Dari halaman ini, pengguna Windows 10 dan Windows 11 harus dapat menyeret persegi panjang agar sesuai dengan orientasi monitor di desktop; katakanlah, jika yang satu sedikit lebih rendah dari yang lain. Anda mungkin harus melakukan sedikit percobaan dan kesalahan untuk membuatnya berbaris dengan benar.

Dengan menyejajarkan monitor dengan benar, Anda akan terhindar dari masalah saat memindahkan kursor di antara layar. Alih-alih melompat ke atas atau ke bawah layar, itu akan muncul di tempat yang sama di monitor lain. Ini juga akan mencegah (atau setidaknya mengurangi) area mana pun yang tidak memungkinkan untuk memindahkan kursor di antara layar.

Pengguna Mac harus membuka System Preferences > Displays , lalu klik tab Arrangement untuk menyelaraskan monitor dengan cara yang paling masuk akal untuk pengaturan Anda.

2. Sesuaikan Monitor

Jika Anda memiliki layar 4K selain layar 1080p, buka Pengaturan Tampilan dan gulir ke bawah ke bagian Penskalaan dan Tata Letak untuk menyesuaikan resolusi dan penskalaan untuk setiap tampilan. Jadi, jika satu monitor 4K dan yang lain 1080p, Anda dapat menyetel setiap monitor ke resolusi aslinya, tetapi meningkatkannya ke resolusi yang lebih tinggi sehingga ukuran jendela Anda terlihat sama di setiap monitor.

Untuk melangkah lebih jauh, Anda dapat menggunakan pengaturan bawaan masing-masing monitor untuk menyesuaikan kecerahan dan warna agar serasi mungkin. Setelah Anda selesai menyesuaikan semua pengaturan ini, monitor Anda akan lebih cocok, membuatnya lebih mudah dan menyenangkan untuk memindahkan jendela di antara keduanya.

Jika Anda perlu menyesuaikan penskalaan pada Mac, buka System Preferences > Displays dan menu pengaturan sekunder untuk monitor Anda akan terbuka. Dari menu ini, pilih Berskala dan pilih preset resolusi baru. Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan dan warna dari menu Tampilan.

3. Sesuaikan Bilah Tugas Anda

Secara default, Windows akan memperluas bilah tugas Anda ke kedua monitor, yang dapat berguna — meskipun Anda dapat menyesuaikannya sedikit lebih jauh sesuai keinginan Anda. Klik kanan pada bilah tugas dan pilih Pengaturan Bilah Tugas . Ada banyak opsi berguna di sini untuk pengguna Windows 10, tetapi jika Anda menggulir ke bawah ke bagian Tampilan Ganda , Anda akan melihat apa yang kami minati.

Sakelar pertama menghapus bilah tugas dari tampilan sekunder Anda. Beginilah cara saya pribadi memilih untuk menggunakan banyak monitor, karena ini menempatkan semua pintasan saya di satu tempat.

Namun, jika Anda memilih untuk memperluasnya di kedua tampilan, Anda dapat memutuskan di mana Anda ingin setiap ikon muncul: di kedua monitor, di bilah tugas utama dan bilah tugas tempat jendela aplikasi terbuka, atau hanya di monitor aktif aplikasi. Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin tombol bilah tugas memiliki label, gaya Windows XP.

Di Windows 11, buka menu Pengaturan Bilah Tugas yang sama, lalu buka menu drop-down perilaku Bilah Tugas untuk opsi menampilkan bilah tugas di semua tampilan dan di mana aplikasi harus ditampilkan.

4. Biarkan Laptop Tertutup

Jika Anda memiliki dua monitor, Anda dapat menjalankan laptop dengan tutupnya tertutup . Pengguna Windows dapat membuka menu Start dan mencari kata “Lid”. Klik Ubah apa yang dilakukan penutup untuk membuka Panel Kontrol dan melihat opsi daya untuk laptop Anda dalam keadaan tertentu.

Untuk opsi When I close the lid , ubah menu drop-down di bawah Plugged in menjadi Do nothing . Klik Simpan perubahan untuk membuatnya menempel. Sekarang ini berarti Anda dapat menutup penutup laptop Anda dan komputer akan terus bekerja, memungkinkan Anda untuk melihat semuanya dari monitor Anda.

Pengguna Mac dapat melakukan hal yang sama di System Preferences > Battery dan tab Power Adapter . Tarik Matikan tampilan setelah penggeser ke kanan sehingga tidak pernah . Anda juga harus mencentang kotak di sebelah Mencegah komputer tidur secara otomatis saat layar mati . Sekarang Anda dapat menutup laptop dan tetap menggunakannya.

5. Cari Wallpaper Super Lebar

Sementara wallpaper mewah tidak akan meningkatkan produktivitas Anda, itu adalah salah satu bagian paling keren dari memiliki banyak monitor, jadi kami harus memasukkannya di sini. Sebagian besar situs wallpaper memiliki beberapa opsi multi-monitor, tetapi ada beberapa tempat yang berspesialisasi dalam wallpaper super lebar, termasuk Latar Belakang Monitor Ganda , WallpaperFusion , dan subreddit seperti /r/multiwall .

Setelah Anda memiliki wallpaper (atau koleksi wallpaper) yang Anda suka, klik kanan desktop dan pilih Personalize (lalu klik Background di Windows 11). Jelajahi gambar atau folder yang dipermasalahkan dan pilih Rentangkan untuk mengisi ruang di semua tampilan Anda.

Pengguna Mac dapat mengklik kanan desktop dan memilih Change Desktop Background untuk membuka menu Desktop & Screen Saver. Klik tombol tambah ( + ) di pojok kiri bawah menu yang muncul untuk mengunggah latar belakang Anda sendiri.

6. Pelajari Pintasan Anda

Kelebihan dari beberapa monitor terutama jika dibandingkan dengan monitor ultrawide dan superwide —adalah kemampuannya untuk “merapatkan” jendela ke tepi setiap layar, sehingga memudahkan untuk melihat banyak jendela sekaligus. Meskipun Anda selalu dapat menyeret jendela dan mengubah ukurannya dengan mouse, itu sulit dan memakan waktu.

Itu sebabnya ada beberapa pintasan untuk Windows 10 dan Windows 11 yang dapat membantu (dengan atau tanpa banyak monitor), termasuk:

Menangkan + Kiri dan Menangkan + Kanan : Jepret jendela aktif ke sisi kiri atau kanan monitor saat ini. Anda dapat menekan tombol lagi untuk memindahkannya di antara monitor, atau mengembalikannya ke lokasi semula.

Win + Up dan Win + Down : Maksimalkan atau minimalkan jendela saat ini. Jika jendela saat ini dijepret, ini juga akan mengubah ukuran jendela dari posisinya yang dijepret.

Shift + Win + Left dan Shift + Win + Right : Pindahkan jendela aktif ke monitor berikutnya, tanpa menggesernya ke tepi.

Shift + Win + Up : Maksimalkan jendela secara vertikal, yang sangat berguna jika Anda tidak memiliki bilah tugas di layar sekunder.

Win + Home : Minimalkan semua jendela kecuali yang sedang Anda kerjakan, untuk menghalau gangguan . Tekan lagi untuk mengembalikan semua jendela.

Windows 11 memiliki fitur multitasking yang lebih baik yang disebut Snap Layouts , yang memungkinkan Anda mengatur jendela tertentu (seperti browser web) ke dalam perataan berbeda di layar. Pengguna Mac memiliki Mission Control, di mana Anda menekan F3 untuk melihat dengan cepat semua jendela yang terbuka dan beralih ke jendela yang Anda inginkan. Pengaturan tambahan dapat ditemukan di System Preferences > Mission Control .

7. Perbaiki Kursor yang Berkeliaran Itu

Meskipun tiga monitor memungkinkan Anda menjangkau game di semua layar Anda—menggunakan pengaturan Nvidia Surround atau AMD Eyefininity monitor ganda tidak berfungsi dengan baik untuk game super lebar, karena crosshair Anda akan berada tepat di bezel monitor. Namun, Anda dapat bermain game di satu monitor sambil menjalankan penelusuran, jendela obrolan, atau monitor GPU di monitor lainnya.

Sebagian besar game dapat bekerja dengan cara ini tanpa tersendat, tetapi Anda mungkin menemukan bahwa, dalam beberapa kasus, kursor Anda dapat “melayang” ke monitor lain saat Anda masih dalam game. Saya mengalami hal ini dengan banyak judul, termasuk The Witcher 3, Doom, dan Metro: Last Light.

Untungnya, salah satu pengembang giat berangkat untuk memperbaiki masalah ini dengan alat yang disebut Kunci Kursor , dan menurut pengalaman saya, ini berfungsi dengan baik. Mulai program, centang kotak Buka Program , lalu masukkan jalur ke file EXE game. Ini akan membuat pintasan baru untuk Anda gunakan.

Sekarang, saat Anda meluncurkan game menggunakan pintasan ini, kursor Anda harus tetap “terkunci” ke jendela game kecuali Anda Alt + Tab keluar darinya. Jika itu tidak berhasil, game tersebut mungkin memerlukan beberapa opsi tambahan, yang dapat Anda pelajari di video tutorial Cursor Lock. .

8. Lakukan Lebih Banyak Lagi Dengan DisplayFusion

Jika, setelah semua itu, Anda masih menginginkan lebih, alat pihak ketiga yang disebut DisplayFusion  dirancang dengan mempertimbangkan banyak monitor. Dengan DisplayFusion berjalan di baki sistem Anda, Anda dapat memperoleh kontrol lebih besar atas wallpaper Anda, membuat pintasan keyboard khusus, menyelaraskan jendela ke tepi layar apa pun, atau secara otomatis meredupkan monitor yang tidak aktif sehingga Anda tidak terganggu.

Serius, program ini penuh dengan opsi yang berguna, jadi unduh versi gratisnya untuk mencobanya sendiri. Ini sedikit lebih terbatas dalam fitur  daripada versi berbayar, tetapi jika Anda menyukai apa yang Anda lihat, Anda dapat membeli lisensi seharga $29. Saya membelinya delapan tahun lalu dan tidak menyesalinya sedetik pun. Pengguna Mac memiliki opsi sumber terbuka dan gratis yang disebut Rectangle .