February 4, 2022

Bagaimana Menghubungkan Dua Monitor ke Laptop Saya

dualwalpersc
Monitor Ganda

Bagaimana Menghubungkan Dua Monitor ke Laptop Saya – Kita semua tahu bahwa banyak monitor dapat sangat meningkatkan produktivitas kita dan menghadirkan pengalaman yang luar biasa, terutama saat Anda menggunakan laptop. Tapi bagaimana menghubungkan monitor eksternal ke laptop ? Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini memperkenalkan panduan yang mudah dan jelas untuk menghubungkan dua monitor eksternal ke laptop Anda.

Bagaimana Menghubungkan Dua Monitor ke Laptop Saya

Hal-hal yang harus diperiksa sebelum memulai

dualscreenwallpaper – Secara umum, sebagian besar laptop Windows sekarang mendukung monitor ganda, setidaknya. Tetapi Anda perlu memastikan laptop Anda mampu untuk menambahkan dua monitor eksternal. Dan itu tergantung pada sistem operasi Windows Anda, kemampuan kartu grafis dan driver Anda. Windows XP/7/8/10 semuanya mendukung beberapa monitor, jadi Anda hanya perlu memeriksa kartu grafis dan port di laptop Anda.

Baca Juga : Cara Mengatur Dual Monitor untuk Bermain Game PC

1. Periksa kartu grafis

Pertama-tama, Anda mungkin perlu memastikan kartu grafis Anda mendukung banyak monitor . Biasanya, setiap kartu grafis menyediakan setidaknya dua output, tetapi Anda perlu memeriksa properti kartu grafis di situs web produsen, menemukan kartu grafis Anda dan memeriksa spesifikasi untuk melihat apakah mendukung penambahan dua monitor eksternal.

Misalnya, jika Anda menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce, Anda dapat memeriksanya di situs web resmi , dan mengklik kartu grafis Anda, dan memeriksa spesifikasinya, maka Anda akan melihat apakah itu mendukung banyak monitor. Jika tidak mendukung penambahan beberapa monitor, Anda mungkin perlu membeli dan memasang kartu grafis yang benar (misalnya GeForce RTX 30 Series ) sebelum melanjutkan pemrosesan.

2. Periksa port yang tersedia di laptop Anda

Maka Anda mungkin perlu memeriksa port pada laptop Anda. Umumnya, komputer atau laptop harus menyertakan salah satu dari empat port berikut:

  • Display Port dapat menyediakan antarmuka dengan perlindungan konten audio definisi tinggi opsional.
  • Digital Video Interface (DVI) biasanya diberi kode warna dengan plastik putih dan label.
  • Video Graphics Array (VGA) biasanya diberi kode warna dengan plastik biru dan label.
  • High-Definition Multimedia Interface (HDMI) dapat menghubungkan semua jenis perangkat video dan memberikan suara melalui kabel.

Anda dapat memeriksa port di bagian belakang atau di samping laptop Anda. Selain port di laptop Anda, monitor juga harus memiliki port yang sesuai. Itu akan menghemat waktu dan uang Anda untuk menghubungkannya. Jika tidak, Anda perlu membeli adaptor tambahan, seperti adaptor DVI ke HDMI agar cocok. Jika Anda tidak memiliki port yang cocok untuk laptop dan monitor Anda

Jika port di laptop Anda tidak sama dengan konektor di kabel monitor Anda, jangan putus asa. Ada solusi! Anda dapat mencoba salah satu metode di bawah ini untuk melanjutkan:

  • Gunakan adaptor, seperti adaptor HDMI ke DVI . Ini berfungsi jika Anda memiliki dua port berbeda untuk laptop dan monitor Anda.
  • Gunakan pembagi sakelar, seperti Pembagi layar untuk memiliki dua port HDMI. Ini berfungsi jika Anda hanya memiliki satu port HDMI di laptop tetapi Anda memerlukan dua port HDMI.
  • Gunakan stasiun dok , dan itu berfungsi dalam berbagai keadaan.

Cara mengatur untuk menghubungkan dua monitor Karena semuanya sudah siap, Anda dapat mulai menghubungkan kedua monitor ke laptop Anda. Catatan: Hubungkan monitor Anda saat laptop Anda dihidupkan. Dalam kebanyakan kasus, Windows akan mendeteksi ketika monitor baru dicolokkan.

Misalnya, saya memiliki port VGA dan HDMI di laptop saya, dan monitor eksternal saya juga memiliki kabel untuk port VGA dan HDMI:

  • Colokkan kabel monitor eksternal pertama ke port video yang benar di laptop Anda. Jadi saya pasang dulu kabel VGA monitor eksternal ke port VGA di laptop saya.
  • Colokkan kabel monitor eksternal kedua ke port lain yang benar di laptop Anda. Jadi saya mencolokkan kabel HDMI dari monitor eksternal kedua ke port HDMI di laptop saya.
  • Di laptop Anda, klik kanan area kosong di desktop Anda :

Jika Anda menggunakan Windows 10, klik Pengaturan tampilan.

  1. Anda akan melihat tiga layar berlabel 1, 2 dan 3 dalam mode tampilan . Secara umum, layar 1 adalah monitor laptop Anda, dan layar 2 dan 3 adalah monitor eksternal. ( Bagaimana jika Anda tidak dapat melihat monitor yang terpasang? )
    Klik tampilan 2 , dan pilih Perluas desktop ke tampilan ini di Beberapa tampilan , lalu klik Terapkan .
  2. Klik tampilan 3 , dan pilih Perluas desktop ke tampilan ini di Beberapa tampilan , lalu klik Terapkan.
  3. Klik OK untuk menyelesaikan pengaturan, dan Anda sekarang dapat menggunakan tiga monitor di laptop Anda.
    Tips: Anda dapat mengklik dan menarik setiap tampilan (1, 2 atau 3) untuk mengatur ulang tampilan. Anda juga dapat mengubah ukuran item , resolusi tampilan , dan orientasi sesuai dengan preferensi Anda.

Kiat Bonus: Bagaimana jika Anda tidak dapat melihat monitor yang terpasang?

Terkadang monitor eksternal tidak dapat dideteksi dengan benar oleh laptop Anda. Hal ini dapat disebabkan oleh sambungan yang tidak benar, monitor atau kabel yang rusak . Pastikan semua kabel terhubung dengan benar, dan lakukan beberapa tes dengan monitor alternatif dan kabel lain. Jika masih tidak berfungsi, sepertinya driver kartu grafis Anda tidak dapat mendukung tampilan beberapa monitor dengan benar. Pembaruan driver diperlukan.

Ada dua cara untuk memperbarui driver: secara manual dan otomatis .

Secara Manual – Anda dapat memperbarui driver printer secara manual dengan mencari driver yang benar yang cocok dengan OS Windows Anda di situs web produsen dan menginstalnya di komputer Anda. Ini membutuhkan waktu dan keterampilan komputer.-

Otomatis – Jika Anda tidak memiliki waktu ataupun kesabaran buat memperbarui driver secara manual, Anda dapat menggunakan Driver Easy untuk memperbaruinya secara otomatis. Dengan versi gratis, Anda dapat mendeteksi dan mengunduh driver lama di Windows hanya dengan beberapa klik.

Anda dapat memperbarui driver Anda secara otomatis dengan Driver Easy versi GRATIS atau Pro . Tetapi dengan versi Pro hanya membutuhkan 2 klik (dan Anda mendapatkan dukungan penuh dan jaminan uang kembali 30 hari ):

  • Unduh dan instal Driver Mudah.
  • Jalankan Driver Easy dan klik tombol “Scan Now”. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mencari driver yang bermasalah.
  • Klik tombol Perbarui di sebelah perangkat yang ditandai untuk mengunduh driver yang benar secara otomatis (Anda dapat melakukannya dengan versi GRATIS ), dan menginstalnya di komputer Anda. Atau klik Perbarui Semua untuk secara otomatis mengunduh semua driver yang benar yang hilang atau kedaluwarsa pada Windows Anda (Versi pro diperlukan. Klik Perbarui Semua dan Anda akan diminta untuk memperbarui).

Ini adalah petunjuk mudah untuk menghubungkan dua monitor eksternal untuk laptop Anda . Beri komentar di bawah jika Anda memiliki pertanyaan, dan kami akan melihat apa lagi yang dapat kami lakukan untuk membantu lebih lanjut.

Cara mengatur monitor ganda dengan laptop Windows

Ingin tampilan data, situs web, game, dan aplikasi Anda yang luas namun tidak mampu berbelanja secara royal pada layar 4K besar seharga $1.000+? Ada cara lain untuk menjadi besar sangat besar pada monitor: kumpulkan tampilan dua monitor Anda sendiri.

Dengan memasang sepasang layar pada dudukan khusus, Anda dapat menggabungkan kemampuannya, menciptakan tampilan ultra lebar yang tidak hanya akan membuat pekerjaan dan bermain Anda jauh lebih mudah, tetapi juga memungkinkan Anda meregangkan data. Saya akan menunjukkan cara melakukannya dari awal hingga akhir, dan memberi Anda beberapa tip dan trik untuk membuat build lebih cepat, lebih mudah, dan bebas kecemasan. Jangan terintimidasi, ini bukan proyek yang sulit untuk diselesaikan dan semua alat yang Anda perlukan disertakan dengan dudukannya. Mari kita mulai dengan bagian-bagiannya.

Semuanya dimulai dengan layar. Meskipun yang terbaik adalah mendapatkan dua tampilan dengan model yang sama, Anda tidak harus melakukannya. Monitor saat ini umumnya memiliki penyesuaian yang cukup untuk warna, kecerahan, dan kontras sehingga Anda dapat mencocokkan dua model yang berbeda secara dekat, membuatnya tampak seperti bentangan tunggal tanpa batas.

Untuk visual, saya akan menggunakan sepasang layar Acer CB242Y. Mereka masing-masing dijual sekitar $140, meskipun Anda dapat menangkapnya dengan harga $100. Layar memiliki resolusi 1080p (HD), tingkat respons ramah gamer 1 milidetik, dan bezel samping yang sangat sempit. Ini penting karena bingkai yang lebih besar akan muncul di tempat kedua layar bertemu.

Bagi saya, sepasang layar 23,8 inci akan menghasilkan setara dengan layar 43 inci dengan resolusi gabungan 3840 x 1080. Lebih penting lagi, itu akan cukup panjang dan sempit untuk memuat lima atau enam jendela yang terbuka dengan nyaman.
Di sisiku

Dengan kemampuannya untuk menahan sepasang layar dengan aman di samping satu sama lain, Ergotron LX Dual Side by Side Arm dijepit dengan mudah ke meja saya. Kuncinya adalah setiap lengan diartikulasikan dan memiliki pelat pemasangan VESA 100 milimeter untuk memasang sekrup ke setiap layar. Baki kabel tarik lengan melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menyembunyikan kabel daya dan video.

Penyangga memungkinkan setiap layar dimiringkan atau dipindahkan ke atas atau ke bawah sehingga menyatu menjadi satu panel yang berkesinambungan. Stand seharga $300 dapat dipesan dalam warna perak atau hitam, tetapi ada alternatif yang lebih murah. Selain LX, Ergotron membuat LX Desk Dual Direct Arm seharga $275.
Hubungkan dan taklukkan

Ada dua cara untuk menghubungkan HP EliteBook G4 1040 saya ke sepasang layar:

  1. Jika grafik komputer Anda dapat menanganinya, cara termudah adalah menghubungkannya langsung ke laptop. Bagi saya, ini berarti menggunakan port dan kabel HDMI untuk satu layar dan kabel adaptor USB-C yang Dapat Dicolokkan untuk yang lain.
  2. Metode lain bergantung pada adaptor grafis eksternal, seperti $70 MSTCDP122HD Startech; itu membuat dua aliran HDMI dari koneksi USB-C.

Meskipun build ini menggunakan notebook, mungkin akan lebih mudah dengan komputer desktop. Itu karena banyak sistem menara memiliki dua output video, seperti HDMI bersama dengan port DVI atau VGA.
Menyatukan semuanya

Sekarang setelah semua bagian siap digunakan, mari kita gabungkan. Saya sarankan mulai dengan dudukan, lalu tambahkan tampilan dan terakhir, colokkan semuanya.

  1. Langkah pertama saya adalah menjepit dudukan ke meja. Saya menggunakan sepotong kayu tipis untuk melindungi permukaan meja.
  2. Selanjutnya, saya meletakkan lengan ke alas dan menyiapkan tampilan pertama.
  3. Kemudian, saya memasang pelat pemasangan ke bagian belakang layar menggunakan sekrup yang disertakan.
  4. Setelah siap, saya meletakkan layar di lengan dudukan.
  5. Saya menyelesaikan dengan menyembunyikan kabel di baki kabel lengan dan menekan penutup yang menyembunyikan lubang sekrup.
  6. Ulangi langkah 2 sampai 5 dengan layar kedua. Pajangan harus terlihat seperti sepasang sayap.
  7. Hidupkan komputer dan colokkan kabel HDMI ke port notebook dan layar pertama, diikuti dengan mencolokkan kabel adaptor USB C-ke-HDMI ke komputer dan layar kedua.
  8. Ada cara lain: Saya mencolokkan kedua layar ke Startech MSTCDP122HD dengan kabel HDMI dan kemudian mencolokkannya ke port USB-C dari notebook host.
  9. Either way, bagian Pengaturan Tampilan komputer sekarang menampilkan kedua layar. Klik pada Identifikasi dan layar akan menampilkan “1/2” (untuk notebook host dan layar kiri), dan “3” (untuk layar kanan).
  10. Jika tidak sesuai dengan tampilan komputer, balikkan kabel. Selesaikan dengan mengubah Multiple Displays menjadi Duplicate.
  11. Saya ingin menggunakan notebook dengan tutupnya tertutup, jadi saya pergi ke bagian Advanced Settings dari kategori Power & Sleep dan mengatur sistem agar tidak mati ketika saya menutup tutupnya.
  12. Saya menyelesaikan dengan menghubungkan pemancar nirkabel untuk keyboard dan mouse nirkabel.

Ini adalah ide yang baik untuk melakukan beberapa tweaking. Mulailah dengan menyesuaikan tinggi dan sudut layar agar cocok. Kemudian, atur jarak dari kursi Anda menjadi kira-kira dua kaki. Anda memiliki dua pilihan tata letak utama: datar atau miring. Yang pertama memberikan tampilan aplikasi dan data Anda yang panjang dan sempit, tetapi Anda mungkin perlu memfokuskan kembali mata Anda untuk melihat ujungnya. Yang terakhir memungkinkan kepala saya berada di tengah aksi, dikelilingi oleh dua layar.

Saya sarankan untuk mengaturnya pada sudut sekitar 150 derajat, yang merupakan kompromi yang bagus. Saat saya puas dengan tata letaknya, saya mengencangkan sekrup dudukan dengan kunci heksagonal yang disertakan.

Bersantai dan nikmati pertunjukannya

Sekarang setelah semuanya selesai, saya menyukai pemandangan luas dunia digital saya. Proyek ini sepadan dengan waktu, tenaga dan biaya. Semua mengatakan, itu tidak hanya lebih besar tetapi lebih baik daripada layar 42 inci karena, bagi saya, resolusi 3820 x 1080 panjang yang sempit menyediakan banyak ruang untuk bekerja dengan lima atau enam jendela horizontal. Dengan sedikit lebih dari $600 dan 45 menit dari waktu saya, layar ganda telah mengubah meja dan kehidupan online saya.

Saya sering menggunakannya untuk memainkan game Crusader Kings, sementara saya mencoba melakukan beberapa pekerjaan menggunakan Word, Excel dan satu atau dua jendela browser. Semuanya cocok tanpa merasa sesak, membuat segalanya jauh lebih mudah.