August 31, 2022

Cara membuat pengaturan beberapa monitor yang gila dengan tiga, empat, atau lebih tampilan

Cara membuat pengaturan beberapa monitor yang gila dengan tiga, empat, atau lebih tampilan – Konfigurasi monitor ganda menjadi lebih umum akhir-akhir ini. Karena Multitasking di satu layar terasa kurang bebas. Tapi mengapa anda berhenti di dual monitor ? Menurut pengalaman saya, memiliki banyak monitor (yaitu 3, 4, 5 atau bahkan 6) akan sangat luar biasa.

Cara membuat pengaturan beberapa monitor yang gila dengan tiga, empat, atau lebih tampilan

dualscreenwallpaper -PC utama saya saat ini memiliki pengaturan tiga monitor. Ada monitor 24 inci di kedua sisi monitor utama 27 inci pusat. Saya menggunakan monitor cadangan saya untuk berbagai hal seperti membandingkan spreadsheet secara berdampingan, menulis artikel sambil meneliti, mengikuti umpan media sosial, dan tentu saja menonton Netflix.

Menggunakan salah satu monitor dalam orientasi potret mengubah dunia saat menggulir dokumen panjang. Jika Anda seorang gamer, Anda pasti akan memahami betapa bagusnya monitor triple plus untuk game yang mendukung pengaturan multi-monitor. Anda juga dapat menggunakan TV sebagai monitor komputer tambahan.

Baca Juga : Monitor terbaik untuk MacBook Pro pada tahun 2022 

Tetapi sebelum menyelam, Anda harus memikirkan perencanaan multi-monitor. Panduan ini mencakup semua faktor yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menyiapkan 3 monitor atau lebih.

Langkah 1: Periksa kartu grafis Anda

Sebelum Anda kehabisan dan membeli banyak monitor tambahan, periksa untuk melihat apakah komputer Anda secara fisik mampu menangani semua kecakapan grafis itu. Pertama, lihat bagian belakang PC Anda: Berapa banyak port grafis (DVI, HDMI, DisplayPort, dan VGA) yang Anda lihat?

Jika Anda tidak memiliki kartu grafis terpisah, Anda mungkin hanya melihat dua port video—kebanyakan motherboard dilengkapi dengan grafis terintegrasi yang hanya dapat menjalankan pengaturan dua monitor. Jika Anda memiliki kartu grafis diskrit, Anda mungkin akan melihat setidaknya tiga port, tidak termasuk port pada motherboard Anda.

Tip : Meskipun dimungkinkan untuk mengatur beberapa monitor menggunakan port pada motherboard dan kartu grafis diskrit Anda, Anda akan melihat penurunan kinerja dan beberapa kelambatan saat Anda memindahkan jendela antar monitor. Jika Anda ingin melakukan ini, Anda juga harus masuk ke BIOS PC Anda dan pergi ke Konfigurasi > Video > Perangkat grafis terintegrasi dan atur ke “Selalu aktifkan.”

Namun, hanya karena Anda melihat tiga atau lebih port pada kartu grafis diskrit, tidak berarti Anda dapat menggunakan semuanya secara bersamaan. Misalnya, banyak kartu Nvidia lama tidak dapat menjalankan lebih dari dua monitor pada satu kartu, meskipun mereka memiliki lebih dari dua port. Cara terbaik untuk mengetahui apakah kartu grafis Anda mendukung beberapa monitor adalah dengan menemukan nama kartu Anda ( Control Panel > Device Manager > Display Adapters ) dan Google dengan pengaturan monitor yang ingin Anda jalankan (misalnya “Nvidia GTX 1660 empat monitor”).

Jika kartu grafis Anda mendukung dan memiliki port yang cukup untuk—jumlah monitor yang ingin Anda atur, bagus sekali. Jika tidak, Anda mungkin perlu membeli kartu grafis tambahan untuk mendapatkan dukungan multi-monitor yang Anda cari.

Sebelum membeli kartu grafis tambahan, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang di menara Anda (dan membuka slot PCIe), serta unit catu daya yang dapat menangani beban ekstra.

Jika Anda membeli kartu grafis semata-mata untuk tujuan memiliki beberapa monitor, yang terbaik adalah mendapatkan opsi modern yang lebih murah, karena GPU saat ini dapat memberi daya pada beberapa layar tanpa masalah. Lihat bagian kartu grafis anggaran terbaik dari panduan GPU kami untuk opsi terbaik Anda.

Atau, monitor dengan dukungan multi-streaming DisplayPort dapat dirangkai bersama dari satu koneksi DisplayPort pada kartu grafis Anda, menggunakan kabel DisplayPort tambahan untuk menghubungkan monitor tambahan satu sama lain. Berbagai tampilan bahkan tidak perlu memiliki ukuran atau resolusi yang sama. VP2468 ViewSonic adalah salah satu contohnya. Dengan harga sekitar $330 di Amazon , monitor 24 inci ini berada di sisi yang lebih mahal, tetapi selain DisplayPort-out, ia juga menawarkan layar IPS premium, dan bezel super tipis, yang ideal untuk pengaturan multi-monitor.

Langkah 2: Pilih monitor Anda

Setelah Anda mengetahui situasi kartu grafis Anda, saatnya untuk bagian yang menyenangkan: mendapatkan monitor tambahan. Secara umum, monitor bisa didapat dengan harga yang cukup murah akhir-akhir ini. Dengan asumsi Anda tidak dapat menyelesaikan hand-me-down, monitor 24 inci dengan layar IPS akan memberi Anda sekitar $150, seperti Acer R240HY . Anda bisa mendapatkan layar TN 24 inci, yang kemungkinan akan memperdagangkan tampilan off-axis yang kuat untuk waktu respons yang lebih rendah — sesuatu yang mungkin disukai gamer — dengan harga yang kira-kira sama, seperti Asus VS248H-P ( $ 160 di Amazon ). Anda juga dapat menemukan monitor IPS yang lebih kecil sekitar 21,5 inci, misalnya dengan layar IPS HP Pavilion ini.

Sementara itu, jika Anda mencari lebih banyak real estat layar, Anda dapat menemukan layar IPS 27 inci yang layak hanya dengan sedikit di atas $200, seperti $210 ViewSonic VA2759-SMH .

Tentu saja, monitor yang sempurna untuk Anda bergantung pada banyak faktor, termasuk monitor yang sudah Anda miliki, ukuran meja Anda, dan untuk apa Anda berencana menggunakan monitor ekstra Anda. (Tentu saja, resolusi adalah variabel lain, dan Anda dapat melihat artikel kami tentang monitor 1080p vs. 4K untuk membantu Anda membuat keputusan di area itu juga.)

Dalam kasus saya, saya sudah memiliki dua monitor 24 inci, dan saya menginginkan monitor yang lebih besar sebagai inti pengaturan saya, jadi saya mengambil monitor 27 inci dan meletakkannya di antara dua layar 24 inci saya.

Saya tidak menggunakan pengaturan multi-monitor saya untuk memainkan game multi-monitor, jadi perbedaan ukuran (dan perbedaan ketinggian dudukan monitor 27-inci saya menahan monitor itu sekitar satu inci lebih tinggi dari 24-inci saya) tidak’ t masalah bagi saya. Namun, jika Anda berencana melakukan banyak permainan atau menonton video yang menjangkau banyak monitor, perbedaan ketinggian ini akan menghasilkan pengalaman yang tidak terlalu mulus.

Sebelum Anda membeli monitor Anda, Anda juga harus memastikan mereka memiliki port input yang sesuai dengan port output PC Anda. Meskipun Anda dapat menggunakan kabel konversi, seperti DVI-ke-HDMI atau DisplayPort-ke-DVI, mereka dapat merepotkan. Jika Anda memiliki port VGA pada PC atau monitor Anda, saya sarankan untuk menghindarinya: VGA adalah konektor analog, yang berarti gambar Anda akan terlihat kurang tajam dan warna akan menjadi kurang jelas.

Langkah 3: Siapkan PC Anda

Siapkan monitor Anda, colokkan, dan nyalakan PC Anda. Voila ! Pengaturan multi-monitor yang terbentuk sempurna! Yah, tidak begitu cepat. Penyiapannya mudah, tetapi masih ada beberapa langkah lagi.

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah mengonfigurasi Windows agar berfungsi dengan baik dengan banyak monitor Anda. Jika Anda menjalankan Windows 7 atau Windows 8, klik kanan pada desktop dan klik Resolusi layar; di Windows 10, klik Pengaturan tampilan . Ini akan membawa Anda ke layar di mana Anda dapat mengonfigurasi opsi yang Anda miliki untuk beberapa monitor di Windows.

mengonfirmasi bahwa semua monitor Anda terdeteksi. Klik Identifikasi , yang akan menyebabkan sejumlah besar muncul di setiap tampilan Anda, sehingga Anda dapat menentukan layar yang mana. Pilih monitor yang ingin Anda gunakan sebagai tampilan utama (yang juga akan menentukan di mana bilah tugas dan tombol Mulai muncul). Menu tarik-turun memungkinkan Anda memilih apakah akan menduplikasi desktop atau memperluas desktop di semua layar. Di sebagian besar pengaturan multi-monitor, Anda ingin memperluas desktop Anda di ketiga (atau empat, atau apa pun) tampilan Anda.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengatur konfigurasi multi-monitor di panel kontrol GPU Anda. Klik kanan desktop Anda dan pilih panel kontrol Nvidia atau AMD (tergantung pada kartu grafis Anda), dan temukan bagian Tampilan, yang akan menawarkan opsi serupa dengan Windows.

Permainan

Menggunakan banyak monitor untuk bekerja dan menonton Netflix adalah satu hal. Menggunakan banyak monitor untuk bermain video game adalah hal lain. Jika Anda ingin menggunakan pengaturan multi-monitor baru untuk melakukan permainan tiga atau empat panel, ada beberapa hal tambahan yang harus Anda pertimbangkan.

Bermain game di beberapa layar sekaligus membutuhkan daya tembak grafis yang jauh lebih besar daripada bermain game di satu layar saja, karena GPU memiliki lebih banyak piksel untuk didorong—jadi jika Anda tidak menjalankan kartu grafis atau kartu yang cukup kuat, Anda hampir pasti akan lihat lag dan artefak di game multi-monitor Anda.

Sebelum Anda dapat mulai memainkan game di beberapa panel, Anda harus menyiapkan kartu grafis dan game Anda. Pengguna Nvidia perlu mengatur Nvidia Surround, sementara pengguna AMD perlu membuat grup Eyefinity untuk monitor mereka.

Anda juga harus masuk ke gim Anda—tidak semua gim kompatibel dengan multi-monitor—dan mengonfigurasi pengaturan video atau tampilan ke resolusi yang benar sehingga gim ini menjangkau semua monitor Anda alih-alih hanya terpaku pada satu monitor saja. Anda juga ingin bermain-main dengan pengaturan lain yang memungkinkan permainan, termasuk bidang pandang (terlalu rendah, dan akan ada terlalu banyak hal yang terjadi di sekitar Anda; terlalu tinggi dan semua yang ada di layar kiri dan kanan Anda akan sangat terdistorsi) .

Untuk bermain game, akan lebih mudah jika Anda memiliki beberapa layar yang identik, karena jika tidak, Anda akan mengalami masalah dengan resolusi, distorsi (jika layar Anda tidak berada pada ketinggian yang sama), dan kalibrasi warna, yang semuanya bisa sulit untuk dikerjakan. jika Anda mencoba bermain di lingkungan yang “mulus”.

Jika bekerja dengan banyak layar tampak seperti lebih banyak masalah daripada yang ingin Anda repotkan untuk bermain game, mungkin Anda akan lebih baik dengan satu monitor ultrawide.