March 26, 2022

Manfaat dan Bahaya Menggunakan Layar Ganda

Manfaat dan Bahaya Menggunakan Layar Ganda – Layar ganda dapat membantu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan pekerja menjalankan beberapa program secara berdampingan.

Manfaat dan Bahaya Menggunakan Layar Ganda

dualscreenwallpaper – Namun, manfaat ini sering kali merugikan kesehatan pengguna DSE. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan layar ganda, Anda dapat membaca lebih lanjut di sini.

Istilah layar ganda berarti ada dua monitor yang terhubung ke satu komputer secara bersamaan. Penggunaan layar ganda semakin meningkat prevalensinya di seluruh organisasi di semua sektor. Namun, jenis pekerja tertentu (misalnya desainer) menuai lebih banyak manfaat daripada yang lain.

Peningkatan produktivitas dan kemudahan perbandingan data hanyalah dua dari keuntungan mendasar ini. Menggunakan peralatan layar tampilan (DSE) apapun menimbulkan risiko bagi kesehatan pekerja, termasuk masalah muskuloskeletal, sakit kepala, mata lelah dan stres. Yang penting, menggunakan layar ganda meningkatkan risiko ini lebih lanjut dan karena itu harus diperlakukan dengan hati-hati.

Apa Manfaat Menggunakan Layar Ganda di Tempat Kerja?

Menggunakan layar ganda dapat menawarkan banyak manfaat bagi tenaga kerja Anda. Keuntungan utama dapat dikurangi menjadi:

  • Peningkatan produktivitas
  • Integrasi laptop cepat
  • Mudah menggunakan beberapa program sekaligus
  • Perbandingan data yang lebih mudah

Berbagai penelitian telah melaporkan bahwa penggunaan layar ganda meningkatkan produktivitas dan mengurangi kesalahan. Mempercepat tingkat kerja karyawan dapat menghemat banyak uang setiap tahun bagi bisnis. Dapat dimengerti, ini adalah kualitas yang sangat menarik karena waktu adalah komoditas yang berharga.

Menyiapkan monitor tambahan dengan laptop menjadi sangat mudah saat menggunakan kebanyakan laptop. Ini dapat bermanfaat bagi pekerja yang hanya menggunakan stasiun kerja untuk waktu yang singkat. Pekerja dapat dengan cepat melepaskan monitor ekstra dan membawa laptop mereka ke pekerjaan berikutnya. Ini memfasilitasi kerja yang fleksibel dan meja kerja yang panas.

Menggunakan layar ganda memudahkan menjalankan program secara berdampingan. Ini adalah properti yang sangat berguna untuk desainer (di antara banyak pekerja lainnya) yang sering menggunakan banyak program secara bersamaan. Oleh karena itu, penggunaan layar ganda dapat meningkatkan efisiensi dan mencegah pekerja membuang waktu dalam tindakan juggling yang tidak perlu.

Perbandingan data yang mudah memungkinkan perhatian yang tepat terhadap detail yang pada gilirannya menghasilkan kualitas pekerjaan yang lebih tinggi. Alih-alih menghafal informasi dari satu program ke program lainnya, pekerja dapat menjalankan keduanya secara bersamaan, berdampingan, meminimalkan kemungkinan kesalahan.

Baca Juga : Pengaturan wallpaper Monitor Ganda

Apa Bahaya Menggunakan Layar Ganda di Tempat Kerja?

Komplikasi kesehatan paling umum yang disebabkan oleh penggunaan DSEadalah: masalah muskuloskeletal, mata lelah, sakit kepala dan stres. Menggunakan layar ganda meningkatkan risiko pengembangan masalah kesehatan terkait DSE, terutama ketidaknyamanan visual serta masalah kesehatan yang terkait dengan peningkatan puntiran dan peregangan tulang belakang. Namun, pengaturan yang tepat dapat mengurangi risiko ekstra ini.

Menjentikkan mata di antara dua monitor terpisah dapat menyebabkan mata lelah dan sakit kepala. Meskipun keduanya merupakan risiko yang lazim saat menggunakan satu monitor, keduanya ditingkatkan melalui penggunaan dua monitor secara teratur. Peningkatan puntiran dan peregangan berlebihan yang disebabkan oleh rentang layar total yang lebih besar dapat mengakibatkan gangguan muskuloskeletal. Leher dan punggung bagian bawah sangat rentan terhadap kerusakan dan dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan rasa sakit yang cukup besar.

Menyiapkan Layar Ganda

Penting untuk mengatur layar ganda Anda dengan benar karena ini membantu menghindari risiko kesehatan yang terkait dengan penggunaan DSE. Namun, sebelum memilih untuk menggunakan layar ganda, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan apakah Anda bisa mendapatkan dengan menggunakan layar lebar tunggal sebagai gantinya.

Ini lebih disukai daripada pengaturan layar ganda karena memiliki risiko kesehatan yang lebih sedikit. Jika Anda memilih untuk menggunakan layar ganda, Anda harus memperhatikan langkah-langkah berikut: Pertama, Anda harus mengatur layar Anda ke resolusi yang sama untuk mencegah ketidaknyamanan visual. Ini dapat dilakukan di panel kontrol yang dapat ditemukan di pengaturan tampilan. Jika Anda kesulitan, Anda dapat meminta dukungan TI.

Selanjutnya Anda harus memposisikan layar sehingga kepala dan leher Anda lurus dan mata Anda sejajar dengan bagian atas kedua layar. Jika satu layar lebih kecil dari yang lain (misalnya Anda menggunakan laptop), Anda dapat menggunakan riser untuk mengangkatnya ke ketinggian yang lain. Ini akan mengurangi kebutuhan untuk menekuk atau memelintir leher Anda.

Setelah ketinggian diatur untuk setiap monitor, Anda harus sedikit memiringkan tepi luar layar yang paling sedikit Anda gunakan ke dalam. Sekali lagi, ini mengurangi kebutuhan akan gerakan leher. Untuk mengurangi putaran ke belakang, Anda harus mengatur hanya satu keyboard dan mouse dan memastikan Anda memposisikan diri Anda di bagian meja yang lurus dan bukan melengkung.

Terakhir, untuk mengatur keyboard Anda, Anda harus memutuskan apakah Anda menggunakan satu layar lebih dari yang lain atau menggunakan keduanya secara merata. Jika Anda menggunakan satu lebih dari yang lain, tombol ‘H’ harus diposisikan sejajar dengan bagian tengah layar yang paling sering Anda gunakan. Ini harus menghindari memutar atau meregangkan punggung bawah Anda.
Mengapa Pelatihan Layar Ganda Penting?

Diakui secara luas bahwa terlepas dari manfaat menggunakan layar ganda, penggunaannya meningkatkan insiden kondisi kesehatan terkait DSE. Untuk memfasilitasi penggunaan yang aman, penting untuk melatih semua pengguna layar ganda. Melakukan pelatihan peralatan layar tampilan mendorong pengaturan stasiun kerja yang tepat.

Tanpa pendidikan ini, pekerja mungkin mendapati diri mereka mengoperasikan lingkungan kerja yang tidak memadai dan mengekspos diri mereka pada risiko kesehatan yang tidak perlu. Demikian pula, pelatihan dapat menumbuhkan pemahaman yang meningkat tentang risiko kesehatan DSE. Pemahaman yang tepat tentang penyebab dan konsekuensi dari risiko ini mendorong pekerja untuk menerapkan praktik yang baik saat menggunakan DSE dan menjaga kesehatan mereka sendiri.