October 22, 2021

Tips dan Trik untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Pengaturan Multi-Monitor

dualwalpersc
Monitor Ganda

Tips dan Trik untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Pengaturan Multi-Monitor – Jika Anda belum pernah mencoba menjalankan dua layar dari satu komputer, ini mungkin tampak seperti kemewahan yang tidak perlu tetapi menyiapkan layar kedua dapat membuat perbedaan besar pada produktivitas dan seluruh pengalaman pengguna Anda.

Tips dan Trik untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Pengaturan Multi-Monitor

dualscreenwallpaper – Setelah Anda terjun dengan layar lain, berikut adalah sembilan cara untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Ubah tampilan utama Anda

Tampilan utama atau utama Anda adalah tempat banyak tindakan utama terjadi: Ini adalah tempat bilah tugas (Windows) atau bilah menu (macOS) Anda berada, tempat jendela aplikasi dan kotak dialog muncul secara default, tempat layar masuk muncul, dan segera.

Apapun cara Anda mengatur monitor Anda, Anda dapat mengatur mana yang bertindak sebagai yang utama. Di Windows, buka Pengaturan lalu pilih Sistem dan Tampilan. Pilih tampilan yang ingin Anda promosikan ke utama , lalu centang kotak berlabel Jadikan ini tampilan utama saya.

Baca Juga : Manfaat Dual Monitor Dan Juga Cara Memasangnya

Di macOS, buka System Preferences dari menu Apple , lalu pilih Display and Arrangement . Seret bilah menu putih dari tampilan saat ini ke tampilan yang ingin Anda atur sebagai yang utama baru, dan selesai.

Kelola jendela Anda

Mengelola jendela aplikasi yang terbuka di beberapa tampilan bisa jadi rumit, tetapi berbagai alat pihak ketiga ada untuk membuat hidup multi-tampilan Anda lebih mudah. Magnet untuk macOS akan dikenakan biaya $ 1 tetapi sangat berharga dalam menjentikkan jendela ke samping dan sudut layar, tidak peduli berapa banyak tampilan yang Anda miliki.

DisplayFusion adalah pilihan yang sangat baik untuk Windows, memberi Anda kontrol yang lebih baik atas bagaimana jendela dikelola di beberapa layar: Anda dapat mengambil aplikasi ke tepi layar, misalnya, dan meluncurkan aplikasi tertentu pada layar tertentu jika perlu.

Sebenarnya ada lebih banyak lagi untuk DisplayFusion juga. Anda dapat meregangkan bilah tugas di beberapa layar, mengatur wallpaper berbeda pada setiap tampilan, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan versi dasar DisplayFusion secara gratis, tetapi untuk memanfaatkan semua fitur yang telah kami sebutkan, Anda harus membayar $30.

Regangkan wallpaper Anda di seluruh monitor

Baik Windows dan macOS memungkinkan Anda menggunakan latar belakang yang berbeda pada layar yang berbeda. Di Windows , buka Personalisasi dan Latar Belakang dari Pengaturan, tetapi klik kanan pada gambar untuk mengatur tampilan latar kedua; di macOS buka System Preferences dan Desktop & Screen Saver tentukan pilihan Anda .

Jika Anda ingin dapat membuat wallpaper desktop yang mencakup pengaturan multi-monitor Anda, maka Multi Monitor Wallpaper yang bernama tepat layak untuk dilihat untuk macOS. Anda menyediakan gambar (atau menggunakan aplikasi untuk menemukannya), lalu membaginya agar sesuai dengan ukuran dan posisi layar Anda. Aplikasi ini berharga $ 10 tetapi Anda dapat mencobanya secara gratis.

Bagi Anda yang menggunakan Windows, DisplayFusion yang disebutkan di atas ($10 setelah uji coba gratis) akan memungkinkan Anda memilih gambar yang membentang lebar dan tinggi beberapa tampilan Anda. Ini juga tersedia sebagai fitur asli, meskipun tidak selalu berfungsi dengan baik: Cukup pilih Span di bawah Choose a fit on the Background screen

Gunakan banyak ruang dan desktop

Baik Windows (dengan “Desktop”) dan macOS (dengan “Spasi”) memungkinkan Anda mengatur desktop virtual yang berfungsi seperti monitor tambahan yang dibuat di dalam perangkat lunak, desktop yang dapat Anda alihkan saat dan saat diperlukan. Ini dapat digunakan sebagai pengganti layar eksternal, tetapi juga dapat digunakan dengan layar eksternal.

Di Windows, klik tombol Tampilan tugas (di sebelah kotak pencarian), lalu pilih Desktop baru untuk membuat yang baru. Desktop baru Anda akan langsung bekerja secara independen, jadi Anda dapat (misalnya) memiliki tiga Desktop di monitor kiri dan dua Desktop di monitor kanan. Tombol tampilan Tugas mana yang Anda klik menentukan yang mana yang muncul.

Baca Juga : Panduan Lengkap untuk Berbagai Jenis Perangkat Lunak

Di macOS, pertama buka System Preferences dari menu Apple , lalu pilih Mission Control . Pastikan Tampilan memiliki Spasi terpisah dicentang, yang berarti layar penuh pada satu tampilan tidak akan mematikan yang lain. Anda kemudian dapat membuat Spaces baru dengan masuk ke Mission Control (melalui Dock atau sapuan tiga jari ke atas), dan mengklik ikon plus di sudut kanan atas.

Ganti pengaturan resolusi

Kecuali Anda memiliki dua monitor identik yang dipasang bersebelahan, dua layar Anda akan memiliki ukuran dan resolusi yang berbeda (dan bahkan mungkin orientasi). Meskipun Windows dan macOS dapat melakukan pekerjaan yang layak untuk mengelola perbedaan ini secara otomatis, penyesuaian pada pengaturan tertentu dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna yang Anda dapatkan.

Di Windows, buka Pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi pada menu Mulai, lalu pilih Sistem dan Tampilan . Pilih tampilan yang ingin Anda ubah pengaturannya di bagian atas, lalu gunakan opsi Resolusi dan Orientasi di bawahnya. Pada beberapa tampilan, Anda juga dapat menyesuaikan penskalaan teks, aplikasi, dan elemen lainnya.

Dengan macOS, buka menu Apple , lalu System Preferences and Displays . Di bawah dua tab Tampilan, Anda dapat menyesuaikan resolusi (klik Diskalakan terlebih dahulu), rotasi, dan dalam beberapa kasus, kecepatan refresh layar yang Anda gunakan.

Hubungkan layar kedua secara nirkabel

Anda memiliki lebih banyak opsi untuk menambahkan layar ekstra seperti monitor atau bahkan TV daripada yang Anda kira. Jika Anda memiliki Chromecast yang dicolokkan ke apa pun dengan input HDMI di dalamnya, misalnya, Anda dapat mencerminkan desktop Mac atau Windows Anda melalui Google Chrome (pilih Cast dari menu Chrome, lalu pilih perangkat Chromecast, lalu klik Sumber untuk memilih antara mentransmisikan tab browser atau seluruh desktop).

Jika Anda menggunakan macOS dan memiliki Apple TV juga, keajaiban AirPlay dapat mencerminkan atau memperluas desktop macOS Anda. Klik tombol AirPlay pada bilah menu, pilih Apple TV Anda, lalu gunakan menu tarik-turun yang sama untuk memutuskan apakah Anda hanya ingin menduplikasi layar Mac Anda atau menggunakan televisi yang terhubung sebagai ekstensi desktop Anda (sehingga Anda dapat menyeret aplikasi jendela untuk itu dan sebagainya).

Untuk opsi pihak ketiga, berikan AirParrot pertimbangan Anda—ini berfungsi di Windows dan macOS, dapat memancarkan ke banyak perangkat termasuk Chromecast, Apple TV, Windows, dan komputer macOS, dan juga sangat mudah digunakan. Anda dapat, jika Anda suka, hanya melakukan streaming file media secara nirkabel daripada seluruh desktop Anda. AirParrot akan mengembalikan Anda $ 13, tetapi Anda dapat mencobanya secara gratis.

Gunakan iPad sebagai layar sekunder

Dengan macOS Catalina membawa fitur Sidecar baru dengannya akhir tahun ini, Anda akan dapat mengatur iPad sebagai layar kedua untuk Mac Anda tanpa memerlukan kabel (dan Anda bahkan akan mendapatkan perangkat lunak Touch Bar juga) . Namun, jika Anda ingin langsung menjalankannya, atau menggunakan mesin Windows, Anda memiliki berbagai opsi.

Air Display ($10) mungkin merupakan pilihan terbaik: Ini bekerja dengan tablet Android serta iPad, dan dapat berfungsi dalam mode kabel (USB) atau nirkabel, meskipun hanya untuk macOS. Pilihan lain yang apik dan stabil adalah Luna Display ($ 70) harganya lebih mahal dan membutuhkan dongle untuk berfungsi, tetapi terasa seperti keajaiban (tidak perlu kabel). Sekali lagi, Luna hanya ada di Mac.

Duet ($10)patut dicoba jika Anda ingin menghubungkan iPad sebagai tampilan kedua ke perangkat Windows. Tidak ada mode nirkabel di sini, jadi perlu ada koneksi langsung ke komputer Anda, tetapi itu berarti tautan yang stabil dijamin. Ini juga tersediamacOS.