August 19, 2022

Cara Mengatur Beberapa Monitor di Meja Anda

Cara Mengatur Beberapa Monitor di Meja Anda – Mencoba untuk meningkatkanproduktivitas Anda dengan layar kedua? Ingin sesi permainan yang lebih mendalam? Beberapa monitor dapat membantu . Layar ganda sangat bagus untuk multitasking dan mudah diatur, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memasuki dunia multilayar—apakah Anda menggunakan Windows atau Mac.

Cara Mengatur Beberapa Monitor di Meja Anda

dualscreenwallpaper – Pastikan untuk membaca saran kami tentang cara menggunakan monitor atau layar kedua dengan laptop Anda , dan Anda dapat menemukan rekomendasi untuk monitor, lengan monitor, dan meja di panduan Home Office Gear kami .

Berapa Banyak Monitor yang Dapat Anda Tambahkan?

Sebagian besar komputer dapat menjalankan monitor ganda. Tetapi jika Anda ingin menambahkan layar ketiga atau menggunakan dua monitor 4K, periksa apakah perangkat Anda mampu terlebih dahulu.

Windows : Kehadiran beberapa port pada kartu grafis Anda menunjukkan kemungkinan dapat menangani beberapa monitor. Tetapi Anda harus memeriksa jumlah maksimum tampilan dan resolusi yang didukung. (Anda dapat melihat kartu grafis apa yang Anda miliki dengan mengetikkan Pengelola Perangkat ke dalam bilah Pencarian, membukanya, dan kemudian memperluas adaptor Display .) Kunjungi situs web produsen untuk menemukan spesifikasi kartu grafis Anda, dan cari bagian berjudul Dukungan Tampilan atau sesuatu yang serupa yang akan mencantumkan info ini.

Baca Juga : Paket Dual Monitor HP M24f Full HD 24-inci

Mac : Jika Anda menambahkan monitor ke Mac, klik ikon Apple > Tentang Mac Ini dan klik dua kali nomor seri Anda, lalu ketuk Command-C di papan ketik Anda untuk menyalinnya, buka situs web Apple , dan tempel ke Cari. Klik Dukungan untuk menemukan Spesifikasi Teknis dan cari Dukungan Video .

Berapa Ukuran Layar yang Harus Anda Dapatkan?

Anda dapat mencampur dan mencocokkan jenis layar yang Anda miliki di workstation Anda, meskipun Anda mungkin menginginkan konsistensi. Ukuran monitor yang paling umum adalah 24 inci, tetapi layar 27 inci semakin populer. Memiliki layar dengan ukuran yang sama akan bagus untuk simetri. Perhatikan saja resolusi saat Anda membeli. Layar 1080p pada monitor 27 inci mungkin terlihat terlalu kabur.

Kami menyelami orientasi dan pengaturan di bawah ini, tetapi pertimbangkan berbagai jenis pengaturan layar. Preferensi saya saat ini adalah layar ultrawide 34 inci yang dipasangkan dengan layar 27 inci dalam orientasi potret. Seperti namanya, ultrawide sangat lebar dan dapat menghadirkan pengalaman dua layar, tanpa bezel layar di antaranya. Memasangkannya dengan layar dalam mode potret berarti Anda mendapatkan cukup ruang di ultrawide untuk menjalankan dua jendela browser ukuran penuh berdampingan, ditambah layar vertikal di samping untuk aplikasi yang memanfaatkannya, seperti Slack dan email.

Dudukan dan Dudukan VESA

Monitor hadir dengan berbagai macam desain stand. Jika Anda menggunakan dudukan yang disertakan dalam kotak, periksa ukuran pada halaman produk untuk memastikannya pas di meja Anda.

Atau, Anda dapat memasang layar ke meja Anda dan menyingkirkan dudukannya, membebaskan banyak ruang. (Anda juga dapat dengan bebas memindahkan layar ke berbagai sudut dan posisi.) Banyak layar mendukung sistem pemasangan VESA. Ada ukuran yang berbeda, dan lengan monitor memiliki rentang ukuran layar dan berat maksimum yang dapat mereka dukung. Selalu periksa apakah halaman produk monitor menyebutkan dukungan VESA, dan perhatikan ukuran pemasangan VESA. Saat Anda membeli dudukan lengan, pastikan itu mendukung ukuran layar dan berat layar baru Anda.
Port dan Kabel

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari komputer dan monitor Anda, Anda harus memikirkan port dan kabel mana yang akan digunakan. Untuk PC Windows, pilihan Anda sering kali adalah HDMI vs. DisplayPort . Sayangnya, ini tidak semudah yang Anda harapkan. Ada beberapa versi dari setiap jenis koneksi, masing-masing dengan kemampuan yang berbeda. Misalnya, HDMI 2.1 mendukung resolusi hingga 8K pada 120 Hz , DisplayPort 1.4 dapat menghasilkan 8K pada 60 Hz, dan HDMI 2.0 dibatasi hingga 4K pada 60 Hz.

Untuk laptop, Anda mungkin melihat Thunderbolt, Mini DisplayPort, atau bahkan USB-C. Terkadang Anda memerlukan adaptor atau hub USB untuk menghubungkan monitor eksternal.

Periksa spesifikasi teknis untuk kartu grafis dan monitor Anda untuk menemukan opsi terbaik bagi Anda. Ingatlah bahwa kartu, monitor, dan kabel (dan semua adaptor) yang Anda gunakan harus mendukung teknologi yang sama dan versi yang sama. Monitor kelas atas biasanya datang dengan pilihan kabel di dalam kotak, tetapi beberapa produsen dengan menjengkelkan memberikan satu opsi yang mungkin tidak sesuai dengan kemampuan terbaik monitor.

Membayar untuk melakukan sedikit pekerjaan rumah saat berbelanja untuk kabel HDMI , atau kabel apa pun dalam hal ini. Pilih yang memiliki sertifikasi yang tepat dari badan terkait untuk DisplayPort , HDMI , Thunderbolt , atau USB . Jika kabel disertifikasi, itu akan memberikan tingkat kinerja tertentu, tetapi kemungkinan akan ada perbedaan dalam daya tahan dan garansi. Jangan hanya mengambil yang termurah yang mendukung versi pilihan Anda. Baca ulasan dan pastikan tidak ada masalah.

Misalnya, kabel DisplayPort biasanya memiliki kait mekanis yang mencegahnya ditarik keluar dengan mudah. Saya mengalami masalah besar dengan kabel DisplayPort murah yang macet di port. Yang ini bekerja dengan baik untuk saya, dan kami merekomendasikan kabel HDMI ini dalam panduan kami tentang memilih TV yang tepat . Saya juga merekomendasikan untuk mengukur, daripada memperkirakan, panjang kabel yang Anda butuhkan sebelum membeli, terutama jika Anda menggunakan meja berdiri.

Pengaturan dan Orientasi

Dengan monitor dan kabel terpasang dan siap digunakan, inilah saatnya untuk menyalakan komputer Anda. Monitor baru Anda mungkin akan dikenali secara otomatis, tetapi Anda ingin mengotak-atik pengaturannya. Berikut caranya:

Windows : Klik kanan pada desktop Anda dan pilih Pengaturan Tampilan (Anda juga dapat mengklik Mulai > Pengaturan > Sistem > Tampilan ). Anda akan melihat tampilan Anda diberi nomor di sini, dan Anda dapat mengklik Identifikasi untuk melihat yang mana. Jika tampilan baru Anda belum muncul, coba klik Deteksi . Anda cukup mengeklik dan menyeret tampilan Anda dalam tampilan ini untuk memposisikannya seperti yang Anda inginkan dan mencocokkan orientasi fisiknya. Melakukannya akan membuatnya terasa jauh lebih alami saat Anda memindahkan mouse dari satu layar ke layar lainnya. Gulir ke bawah untuk opsi untuk mengatur tampilan utama, mengubah resolusi, mengubah orientasi, dan banyak lagi.

Anda juga dapat mengakses pengaturan ini dan terkadang lebih banyak lagi di komputer Windows dengan membuka panel kontrol grafis Anda (Panel Kontrol Nvidia atau Pengaturan AMD Radeon, misalnya).

Mac : Klik ikon Apple > System Preferences > Displays , dan di layar utama Anda, klik Arrangement . Klik dan seret tampilan ke posisi yang Anda inginkan, sesuaikan dengan orientasi fisiknya. Jika Anda tidak dapat melihat tampilan baru Anda, klik tombol Deteksi Tampilan (tekan tombol Option jika Anda tidak melihatnya). Anda akan ingin memilih Extend Display (ada juga opsi Mirror Display ). Seharusnya begitu, meskipun Anda dapat mengubah resolusi dengan memilih opsi Berskala dan memilih yang Anda inginkan.

Tips untuk Beberapa Monitor

Berikut adalah beberapa tip terakhir untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari pengaturan beberapa monitor impian Anda.

  • Bereksperimenlah dengan pengaturan tampilan di Windows atau MacOS, atau melalui panel kontrol kartu grafis Anda, untuk mencoba mencocokkan pengaturan kecerahan dan warna untuk monitor Anda.
  • Windows akan secara otomatis memperluas bilah tugas Anda di seluruh monitor Anda, tetapi Anda dapat mengubah tampilan dan perilakunya. Klik kanan bilah tugas, dan pilih Pengaturan bilah tugas untuk membuat perubahan. Jika Anda menggulir ke bawah, ada bagian Beberapa tampilan .
  • Dengan layar yang luas, Anda akan merasa seperti menyeret mouse selama berabad-abad, jadi pelajari pintasan keyboard yang praktis ini untuk membuat hidup Anda lebih mudah.
  • Wallpaper untuk ditampilkan di monitor Anda dapat menyatukan semuanya dengan baik. Di Windows, temukan dan simpan wallpaper atau foto beresolusi tinggi yang ingin Anda gunakan, lalu klik kanan pada desktop dan pilih Personalize . Pilih gambar Anda lalu pilih Fit yang Anda inginkan ( Span biasanya paling baik untuk beberapa monitor). Di Mac, Anda harus memotong gambar dan menerapkannya ke setiap layar, atau Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Fresco .
  • Jika Anda terus kehilangan penunjuk tetikus, Anda dapat menemukannya dengan menekan tombol CTRL pada komputer Windows (jika tidak berhasil, buka Pengaturan > Perangkat > Mouse > Opsi tetikus tambahan > Opsi Penunjuk , dan centang kotak yang mengatakan Tampilkan lokasi penunjuk saat saya menekan tombol CTRL ). Di Mac, cukup gerakkan mouse (atau jari pada trackpad) dengan cepat dan terus-menerus, maju mundur, kiri ke kanan, dan penunjuk akan bertambah besar.