October 28, 2021

Cara Mengatur Dual Monitor Untuk Komputer Anda

dualwalpersc
Monitor Ganda

Cara Mengatur Dual Monitor Untuk Komputer Anda – Anda mungkin baik-baik saja dengan hanya satu layar komputer , tetapi menambahkan satu detik dapat memberi Anda lebih banyak ruang untuk bekerja.

Cara Mengatur Dual Monitor Untuk Komputer Anda

dualscreenwallpaper – Peningkatan ini tidak hanya untuk profesional kreatif atau pemrogram berpengalaman ini akan memungkinkan siapa saja menyebarkan aplikasi mereka, mengedit dokumen secara berdampingan, dan melakukan banyak tugas seperti seorang profesional. Itu, pada gilirannya, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Selain manfaatnya, mudah dan murah untuk menghubungkan layar kedua itu ke komputer desktop atau laptop Anda . Berikut cara mengatur monitor kedua, mulai dari membeli layar yang bagus hingga memasangnya dengan benar.

Baca Juga : Tips dan Trik untuk Mendapatkan Hasil Maksimal dari Pengaturan Multi-Monitor

Kabel dan adaptor untuk layar kedua Anda

Sebagian besar komputer memiliki kemampuan bawaan untuk menyalakan layar kedua. Pertama, temukan soket HDMI atau DisplayPort di laptop atau desktop Anda. Jika Anda memiliki komputer lama, Anda mungkin mencari DVI putih atau soket VGA biru . Keempat jenis port memungkinkan Anda menghubungkan komputer ke televisi, proyektor, atau layar sekunder lainnya.

Jika komputer Anda memiliki salah satu port ini, yang Anda perlukan hanyalah kabel yang sesuai. Namun, beberapa model laptop yang lebih tipis dan lebih ringan tidak memiliki port yang kompatibel. Untuk itu, Anda mungkin harus menambahkan adaptor ke dalam campuran.

Misalnya, laptop ramping seperti Apple MacBook Air dan Google Pixelbook mengandalkan port USB-C untuk transfer data, pengisian daya, dan output video. Beberapa monitor menerima USB-C, tetapi tidak semua melakukannya. Dalam hal ini, Anda memerlukan adaptor untuk menyembunyikan USB-C ke HDMI (seperti dongle $14 ini ) atau ke DisplayPort (seperti kabel adaptor $15 ini ) sebelum Anda dapat mencolokkan laptop ke monitor.

Beberapa komputer akan memerlukan dongle lain. Ambil Microsoft Surface Pro 2017 : ini termasuk Mini DisplayPort yang menerima kabel Mini DisplayPort-to-DisplayPort ( seperti ini $8 ), yang pada gilirannya akan dicolokkan ke monitor apa pun dengan DisplayPort. Atau, jika Anda lebih suka monitor HDMI, Anda dapat menghubungkan Surface ke dongle Mini DisplayPort-ke-HDMI (seperti adaptor $9 ini ), lalu kabel HDMI standar.

Saat memilih kabel atau adaptor Anda, carilah resolusi maksimum yang dapat mereka dukung dan pastikan mereka cocok dengan monitor yang Anda beli. Anda juga harus memeriksa kecepatan refresh yang didukung kabel, yang diukur dalam hertz (Hz). Kecepatan refresh yang lebih tinggi berarti layar dapat berubah lebih cepat, yang meningkatkan kualitas tampilan untuk semuanya, mulai dari bermain game hingga menonton film.

Memilih layar untuk pengaturan dua monitor

Anda tidak perlu membeli layar kedua Anda. Jika Anda memiliki monitor lama yang tergeletak di sekitar rumah, lihat apakah monitor tersebut akan berfungsi dengan laptop atau komputer desktop Anda sebelum membuangnya. Meskipun agak ketinggalan zaman menurut standar saat ini, Anda harus dapat menemukan adaptor untuk membantu. Ini akan membantu Anda menghindari pengeluaran uang untuk tampilan ekstra Anda.

Namun, Anda mungkin harus membeli perlengkapan baru untuk menyelesaikan penyiapan layar kedua Anda. Sekarang setelah Anda memeriksa port komputer Anda, Anda memerlukan monitor yang cocok dengannya atau yang dapat dibuat untuk melakukannya dengan adaptor yang sesuai. Idealnya, cari monitor dengan input USB-C, HDMI, atau DisplayPort, karena ini adalah standar modern yang paling umum.

Baca Juga : Panduan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komputer Lansia

Setelah Anda memutuskan input yang benar, Anda dapat memeriksa spesifikasi lainnya, seperti ukuran layar, resolusi, dan harga. Layar yang lebih besar dan beresolusi lebih tinggi akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk film, spreadsheet, dan video game Anda, tetapi harganya juga lebih mahal. Terserah Anda di mana Anda ingin berkompromi, tetapi biasanya Anda ingin menggunakan layar terbesar dengan resolusi tertinggi yang dapat diakomodasi oleh anggaran Anda.

Namun, jika Anda menggunakan laptop, ketahuilah bahwa memberi daya lebih banyak piksel akan membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan grafis dan karenanya menghabiskan lebih banyak masa pakai baterai. Dengan kata lain, semakin besar layar kedua, semakin besar daya baterai Anda.

Spesifikasi lain yang harus diperhatikan termasuk rasio kontras (perbedaan antara piksel putih dan hitam), waktu respons (seberapa cepat layar merespons input Anda), dan sudut pandang (dari seberapa tajam sudut Anda dapat melihat layar). Seperti biasa, ulasan online adalah cara terbaik untuk mengukur kualitas tampilan. Konon, Dell dan LG memiliki reputasi yang sangat baik untuk layar mereka.

Bagaimana menghubungkan laptop atau desktop ke monitor

Setup sangat mudah: Segera setelah Anda mencolokkan monitor kedua, komputer Anda akan mengenalinya tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan atau proses setup yang rumit. Namun, Anda dapat mengambil beberapa langkah opsional untuk mengonfigurasinya persis seperti yang Anda suka. Proses yang tepat akan tergantung pada sistem operasi komputer Anda.

Di Windows, ketuk Windows+P untuk beralih di antara empat mode tampilan: Hanya layar PC (hanya layar komputer asli yang aktif), Duplikat (dua layar Anda menunjukkan hal yang sama), Perpanjang (dua layar Anda berfungsi sebagai satu layar besar), atau Layar kedua saja ( hanya monitor eksternal yang aktif).

Sebagian besar waktu, Anda akan menginginkan opsi Perpanjang , yang memungkinkan Anda membuka aplikasi dan jendela secara mandiri di kedua layar. Untuk mengonfigurasi lebih lanjut tampilan kedua Anda, buka menu Mulai, klik ikon Pengaturan (simbol roda gigi), dan pilih Sistem , diikuti oleh Tampilan.

Dari sini, Anda dapat mengonfigurasi kecerahan, resolusi, dan orientasi kedua layar. Jika Anda menggunakan dua tampilan sebagai satu layar tambahan, Anda juga dapat menggunakan menu ini untuk mengatur monitor mana yang akan berada di kiri dan mana di kanan.

Di atas macOS, buka menu Apple , pilih System Preferences , lalu klik Displays . Di bawah tab Pengaturan (yang hanya akan muncul setelah Anda tersambung ke layar kedua), Anda dapat mengubah posisi relatif layar Anda—mana yang ada di layar kiri dan mana yang di kanan. Menggunakan kotak centang Tampilan Cermin , Anda juga dapat beralih antara mode cermin (dua layar berfungsi sebagai duplikat) dan mode diperpanjang (dua layar berfungsi sebagai satu tampilan). Selain itu, Anda dapat mengatur resolusi layar dari menu yang sama ini.

Jika Anda menggunakan komputer Chrome OS, klik panel informasi di sudut kanan bawah (tempat jam berada). Kemudian pilih ikon roda gigi , buka panel Pengaturan , dan pilih Tampilan . Dari menu ini, Anda dapat mengonfigurasi apakah tampilan kedua bertindak sebagai ekstensi atau duplikat dari yang pertama, mengatur resolusi dan orientasi tampilan Anda, dan memposisikannya di ruang virtual.

Setelah selesai, duduk dan nikmati menggunakan layar kedua Anda. Jika Anda beroperasi dalam mode diperpanjang, Anda dapat menyeret jendela program di antara tampilan dan memaksimalkannya di kedua layar. Dan setiap kali Anda memutuskan atau mematikan monitor kedua, sistem operasi Anda akan secara otomatis kembali ke konfigurasi default.