November 26, 2021

Cara Mudah Mengatur Dual Monitor

dualwalpersc
Monitor Ganda

Cara Mudah Mengatur Dual Monitor – Komputer biasa hanya memiliki satu layar. Ini baik-baik saja untuk banyak tugas, menyediakan banyak layar real estat untuk penelusuran web dan pekerjaan ringan.

Cara Mudah Mengatur Dual Monitor

dualscreenwallpaper – Tapi mengapa hanya puas dengan satu ketika Anda bisa memiliki dua, tiga, atau bahkan empat monitor di ujung jari Anda?

Pengaturan monitor ganda menjadi semakin populer di dunia modern, dan mudah untuk mengetahui alasannya. Mereka tidak hanya membuat hidup lebih mudah, mereka juga membuat Anda merasa sangat keren saat Anda bekerja dari stasiun pertempuran cyber-Ikea Anda. Tentu saja, ini benar-benar tentang produktivitas.

Pertanyaan Umum Tentang Pengaturan Monitor Layar Ganda

Sebelum kita menyelami hal-hal menarik tentang cara mengaturnya, penting untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang pengaturan dua monitor.

Monitor Mana yang Harus Anda Pilih?

Memilih monitor yang tepat untuk pengaturan dua monitor Anda dapat terlihat sederhana pada pandangan pertama.

Baca Juga : Cara Mengetahui Komputer Kalian Support Dual Monitor

Selama memiliki jenis input yang tepat, monitor apa pun harus dapat terhubung ke komputer Anda. Namun, beberapa pertimbangan perlu dibuat untuk membuat pengaturan dua monitor terbaik.

  • Ukuran : Ukuran monitor Anda sangat penting. Kebanyakan orang bertujuan untuk menjaga ukuran monitor mereka tetap sama, meskipun Anda juga dapat memiliki monitor kecil untuk tugas latar belakang.
  • Rasio Aspek : Sebagian besar monitor memiliki rasio aspek 16:9, tetapi jenis lain seperti monitor ultrawide memberi Anda lebih banyak opsi saat Anda mengoptimalkan stasiun pertempuran Anda.
  • Resolusi : Memiliki monitor dengan resolusi yang berbeda adalah hal yang biasa, tetapi ini tidak berarti bahwa itu adalah ide yang bagus. Misalnya, layar 1080p di samping layar 4K dapat terlihat beresolusi sangat rendah, meskipun terlihat bagus.
  • Warna : Sebagian besar monitor akan memiliki profil warna berbeda yang membuatnya terlihat berbeda secara berdampingan. Perbedaan ini paling terlihat antara monitor lama dan baru, dan ini layak dipertimbangkan jika Anda peduli dengan warna pada layar Anda.
  • Jenis Input : HDMI, DisplayPort, DVI, dan sejumlah konektor input tampilan lainnya dapat ditemukan di monitor.
  • Adaptor dapat digunakan untuk membuat perangkat bekerja bersama, tetapi biasanya yang terbaik adalah memasangkan input dengan perangkat yang benar.

Meskipun perlu mengingat semua ini, Anda masih bisa berkreasi dengan pengaturan multi-monitor Anda. Memiliki dua monitor dengan merek dan model yang sama dapat terlihat sangat bagus.

Demikian juga, meskipun, Anda bisa mendapatkan sedikit funky dengannya, dan inilah yang telah kami lakukan dengan pengaturan dua monitor yang akan kami susun nanti di artikel.

Cara Memasang Pengaturan Dua-Monitor

Jadi, sebagian besar monitor dilengkapi dengan dudukannya sendiri. Dudukan ini berfungsi sempurna, tetapi sering kali tidak memiliki faktor wow yang disertakan dengan lengan monitor atau dudukan di dinding. Opsi ini sama sekali tidak penting, tetapi bisa sangat keren, dan tidak pernah semudah ini untuk mencapainya dengan pengaturan Anda sendiri.

Anda dapat menemukan perangkat keras pemasangan monitor dan televisi yang terjangkau di seluruh web. Penting untuk memastikan bahwa Anda memilih dudukan yang memiliki jenis braket pemasangan yang tepat, bersama dengan monitor yang memiliki ruang untuk itu. Jenis dudukan monitor yang paling umum adalah dudukan VESA, meskipun ukurannya masih layak untuk diperiksa karena ada beberapa variasi.

Apakah Perangkat Saya Kompatibel Dengan Layar Ganda?

Tidak semua perangkat di pasaran kompatibel dengan layar ganda, baik karena tidak memiliki kemampuan atau port untuk melakukannya. Jelas, Anda tidak akan terlalu jauh dengan pengaturan dua monitor Anda jika perangkat Anda tidak dapat mendukungnya, jadi Anda perlu mencari tahu ini sebelum memulai.

  • PC Desktop : Baik macOS dan Windows kompatibel dengan layar ganda di perangkat lunak mereka. Selain itu, Anda juga memerlukan kartu grafis atau monitor khusus yang dapat bekerja dengan input seperti USB.
  • Laptop : Sebagian besar laptop dilengkapi dengan output layar untuk satu layar tambahan, meskipun banyak mesin modern juga dapat memasang layar ke konektor USB Type-C dengan dongle, seperti DUEX Pro Portable Dual Monitor .
  • Ponsel Cerdas & Tablet : Perangkat Android dan iOS dapat berjalan dengan monitor tambahan yang terpasang padanya. Anda mungkin memerlukan adaptor untuk mencapainya dengan kabel, tetapi Anda juga dapat mentransmisikan layar secara nirkabel dengan perangkat seperti ini.

Sekarang kita ke hal-hal yang baik. Menyiapkan monitor ganda adalah proses yang relatif mudah. Sebaiknya siapkan semua kabel Anda sebelum memulai, dan Anda dapat menyesuaikan panduan ini untuk memastikan bahwa ini berfungsi paling baik untuk penyiapan Anda.

Menyiapkan Pemosisian Monitor Ganda

Tahap pertama dalam proses ini adalah menyiapkan monitor di meja Anda. Anda harus sedikit menggunakan imajinasi Anda, bekerja untuk memastikan bahwa kabel Anda akan dapat mencapai lokasi yang tepat. Seperti yang Anda lihat dari foto di atas, kami memiliki monitor 16:9 biasa yang dipasangkan dengan ultrawide 21:9.

Memasukkan Monitor Anda

Setelah terpasang, Anda dapat memasukkan kabel daya ke monitor dan menyambungkannya. Ini dapat diikuti oleh kabel layar yang Anda gunakan, dengan perhatian khusus untuk memastikan bahwa Anda mencolokkannya dengan benar dan di lokasi yang tepat. Ini dapat dilakukan dengan mesin Anda dihidupkan dan masuk.

Menyiapkan Monitor Anda di Windows

Windows 10 membuatnya sangat mudah untuk memulai dengan dua monitor. Semua fungsionalitas yang dibutuhkan sebagian besar pengguna dapat ditemukan di dalamnya, mulai dari bilah tugas lebar penuh hingga proses penyiapan yang mudah. Ini tidak berarti bahwa kami tidak akan melihat opsi yang Anda tawarkan.

Dengan monitor Anda terpasang, Anda dapat mengklik kanan pada Desktop , diikuti dengan mengklik kiri pada Pengaturan Tampilan .

Ini akan memberi Anda akses ke jendela dengan kontrol untuk monitor Anda. Anda akan melihat area Beberapa tampilan , dengan opsi yang memungkinkan Anda mengontrol monitor. Kami telah merinci beberapa pengaturan di bawah ini untuk membantu Anda memulai.

  • Identifikasi Monitor : Ini memposting 1 dan 2 di layar Anda, menunjukkan kepada Anda mana yang ada di pikiran komputer.
  • Beberapa Tampilan : Opsi ini memungkinkan Anda untuk menampilkan hal yang sama di kedua layar, memperluas tampilan Anda dan menjadikannya sebagai satu, atau hanya menampilkan konten di salah satu layar Anda.
  • Pemosisian : Kotak di bagian atas jendela yang Anda lihat memungkinkan Anda mengubah posisi layar sehingga mouse dapat bergerak di antara keduanya. Kami telah meletakkan milik kami agar sesuai dengan posisi layar kami, dengan monitor kiri duduk sedikit lebih rendah dari kanan. Pengaturan ini diubah hanya dengan menyeret kotak ke posisi yang diinginkan.
  • Monitor Utama : Mengatur monitor sebagai monitor utama akan berarti bahwa aplikasi akan terbuka secara default. Bersamaan dengan ini, itu juga akan menjadi rumah bagi jam Anda dan ikon baki bilah tugas lainnya.

Di samping opsi khusus monitor ganda ini, Anda juga akan memiliki akses ke pengaturan monitor reguler Anda. Ini berarti bahwa monitor dapat diatur untuk memiliki resolusi dan kecepatan refresh yang berbeda, sekaligus memberi Anda kesempatan untuk memilih bagaimana skala teks.

Menyiapkan Dengan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Monitor ganda juga dapat diatur menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Contoh paling umum dari ini adalah opsi perangkat lunak yang berasal dari perusahaan kartu grafis, seperti Panel Kontrol Nvidia. Anda dapat menggunakan program seperti ini untuk mencapai hasil yang serupa, meskipun mereka juga sering memberi Anda pengaturan tambahan yang dapat berguna dalam situasi pinggiran.

Menyiapkan Dengan Sistem Operasi Lain

Android, iOS, macOS, dan Linux hanyalah beberapa contoh sistem operasi lain yang juga dapat mendukung pengaturan dua monitor. Pengaturan yang tersedia di setiap sistem operasi sangat mirip dengan Windows, meskipun Anda mungkin perlu mengambil langkah tambahan dalam beberapa kasus.

Perangkat seperti smartphone memiliki manfaat untuk dapat terhubung ke layar nirkabel. Saat melakukan ini, kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan banyak opsi dalam hal pengaturan. Ini berarti Anda harus berharap bahwa perangkat Anda bekerja bersama.