June 16, 2021

Ultrawide VS Dual Monitor: Manakah Yang Terbaik?

dualwalpersc
Monitor Ganda

Ultrawide VS Dual Monitor: Manakah Yang Terbaik? – Perdebatan tentang monitor ultrawide vs dual monitor terus berlanjut, tetapi pemenang mulai muncul. Layar ultrawide memiliki keunggulan praktis dan estetika dibandingkan pengaturan monitor ganda dan mengatasi tantangan dengan mudah.

Ultrawide VS Dual Monitor: Manakah Yang Terbaik?

dualscreenwallpaper – Di dunia monitor, ada dua jenis orang. Mereka yang lebih suka monitor ultrawide dan mereka yang lebih suka menggunakan pengaturan monitor ganda.

Kamu yang mana?

Jika Anda tidak yakin, mari kita mundur.

Seperti yang saya yakin Anda semua ketahui, real estat layar ekstra horizontal, baik dengan monitor layar ultrawide atau ganda, selalu merupakan nilai tambah! Sedemikian rupa, sehingga untuk pengguna monitor ganda, kembali ke satu monitor 16:9 seringkali benar-benar tidak mungkin!

Bagi orang yang ingin memperluas ruang kerja pengeditan mereka, pikiran pertama mereka secara tradisional adalah mendapatkan layar monitor kedua dan membuat pengaturan dua monitor.

Namun , baru-baru ini, monitor ultrawide (yaitu monitor dengan rasio aspek 21:9 ) menantang status quo dan menimbulkan pertanyaan ‘ bila menyangkut monitor ultrawide vs. dual, manakah pengaturan keseluruhan terbaik?’

Alasan untuk ini adalah karena monitor ultrawide tidak hanya menyediakan real estat layar ekstra tetapi mereka juga menyimpan semuanya dalam satu layar ! Dengan lebih banyak opsi monitor ultrawide di pasaran daripada sebelumnya, dapatkah monitor ultrawide menjadi jalan menuju produktivitas?

Kami memutuskan untuk beralih dari monitor ganda 16:9 ke satu monitor ultrawide 21:9 untuk mencari tahu sendiri; ultrawide vs. monitor ganda.

Mana yang benar-benar pengaturan keseluruhan terbaik? Pertama, mari kita lihat dua skenario dan lihat apa yang kita hadapi dengan monitor ultrawide.

Apa itu Pengaturan Monitor Ganda?

Sesuai namanya, pengaturan monitor ganda di mana Anda menggunakan dua layar berdampingan untuk memperluas real estat layar, bukan hanya satu. Secara tradisional, pengaturan dua monitor akan terdiri dari dua monitor, masing-masing dengan rasio aspek standar 16:9 hingga resolusi 4K.

Dalam jenis pengaturan monitor ganda ini, resolusi setiap monitor bisa sama atau campuran, seperti dua monitor 4k, satu monitor 1080p, dan satu monitor 1440p – kombinasi dasar apa pun yang dapat Anda bayangkan.

Apa itu Monitor Ultrawide?

Sederhananya, monitor ultrawide adalah monitor yang memanfaatkan sebuah 21: 9 aspek rasio daripada rasio layar monitor tradisional 16: 9. Jika Anda tidak terbiasa dengan rasio aspek 21:9, rasio ini mirip dengan rasio layar bioskop tradisional.

Jika Anda pernah melihat monitor ultrawide maka Anda sudah tahu betapa mudahnya membedakannya dari monitor tradisional. Layar lebar mereka adalah indikator yang paling jelas (sesuai namanya) dan hasilnya adalah peningkatan ruang layar horizontal. Dalam perbandingan monitor ultrawide vs. dual kami, kami akan menggunakan ViewSonic VP3881 , yang merupakan monitor ultrawide 38 inci yang besar dan kuat dengan layar melengkung.

Baca Juga : Membahas Tentang Manfaat Jika Kalian Memakai Dual Monitor

Sekilas tentang spesifikasi monitor ini dapat ditemukan di bawah ini:

Resolusi WQHD+ (3840 x 1600)
panel IPS
Bingkai tanpa bingkai
Delta E <2 Warna Akurasi
Kalibrasi warna perangkat keras
Kompatibilitas HDR
sRGB 99%

Jadi sekarang kami telah menemukan monitor ultrawide yang cocok untuk diedit, bagaimana pengaturan baru ini dibandingkan dengan pengaturan monitor ganda tradisional dan pengaturan keseluruhan mana yang terbaik?

Membandingkan Ultrawide vs. Dual Monitor

Setelah beralih ke monitor ultrawide dan membandingkan pengaturan ultrawide vs. dual monitor, inilah yang kami perhatikan:

Real Estat Layar Diperpanjang di Satu Layar

Meskipun monitor ganda adalah salah satu cara untuk memperluas ruang layar Anda, salah satu kelemahan utama selalu adalah celah di antara kedua monitor, yang juga dikenal sebagai celah bezel . Bahkan bezel tertipis di dunia tidak dapat menghilangkan masalah ini!

Peningkatan paling nyata saat beralih ke monitor ultrawide tunggal adalah menemukan bahwa celah bezel yang menakutkan tidak lagi ada untuk mengaburkan pandangan Anda.

Ini adalah peningkatan kualitas hidup yang membuat pengelolaan ruang kerja Anda saat melakukan hal-hal seperti mengedit atau menggunakan banyak jendela menjadi jauh lebih lancar.

Intinya:

Sulit untuk kembali ke pengaturan dengan celah bezel yang dibuat oleh dua monitor setelah mengalami satu pengaturan layar ultrawide yang mulus.

Rasio Aspek Sinematik

Rasio aspek adalah fitur lain yang terlihat saat beralih dari pengaturan dua monitor ke monitor ultrawide, khususnya terkait dengan menonton film. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, monitor ultrawide memanfaatkan rasio aspek 21:9.

Karena rasio aspek ini mirip dengan yang digunakan untuk membuat konten sinematik, film dapat diputar pada rasio aslinya. Ini menghilangkan letterboxing (yaitu bilah hitam di bagian atas dan bawah layar saat menonton film) dan memanfaatkan keseluruhan layar.

Sebenarnya, letterbox hanya ada karena saat Anda menonton film di monitor dengan rasio aspek 16:9, satu-satunya pilihan untuk membuat konten pas ke layar adalah memperkecil ukuran film. Ini memungkinkan gambar rasio 21:9 asli untuk masuk ke dalam batas-batas layar 16:9. Letterboxing dengan demikian merupakan produk sampingan dari proses ini.

Intinya:

Jika Anda suka menonton film kemudian menontonnya dalam ukuran penuh, tanpa letterbox adalah keuntungan yang akan Anda sadari segera.

Konsistensi pada Satu Layar vs. Dua Layar

Dalam hal konsistensi, ada banyak manfaat memiliki satu layar terpusat di atas dua layar independen. Sebagai permulaan, memiliki satu layar ultrawide menghilangkan fluktuasi warna dan keseragaman yang mungkin timbul saat menggunakan monitor ganda. Jika Anda seorang fotografer atau editor video, atribut ini bahkan lebih bermanfaat, karena secara langsung berhubungan dengan kualitas pekerjaan Anda.

Masalah dengan pengeditan pada monitor ganda adalah bahwa inkonsistensi pasti terjadi karena fakta bahwa tidak ada dua tampilan yang dibuat sama. Ini bisa menjadi masalah saat memindahkan foto dari satu layar ke layar lain karena Anda mungkin tidak yakin layar mana yang menampilkan informasi paling akurat.

Intinya:

Memiliki satu layar ultrawide menghilangkan inkonsistensi dan memberikan pengalaman yang lebih mulus dan mulus daripada yang ditawarkan oleh monitor ganda.

Manajemen Jendela

Bagi mereka yang nyaman dengan kemudahan mengelola jendela pada dua monitor, fitur Windows Snap di Windows 10 mengimplementasikan fungsi manajemen jendela serupa yang cocok untuk monitor ultrawide. Menggunakan Windows Snap, Anda dapat dengan mudah menjepret jendela ke berbagai area layar ultrawide agar jendela dibuka berdampingan dengan cukup mulus.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Semua Versi Ms Word 

Intinya:

Sementara monitor ganda dan monitor ultrawide menawarkan pandangan yang sedikit berbeda dalam manajemen jendela, Windows Snap adalah alat yang efektif untuk mengelola banyak jendela pada monitor ultrawide.

Kenyamanan

Dalam hal kenyamanan, tidak diragukan lagi bahwa mengelola pengaturan seperti kecerahan dan pengaturan tampilan lainnya pada satu monitor lebih mudah daripada menggandakan pekerjaan Anda dengan membuat setiap penyesuaian dua kali.

Jika Anda berencana untuk mengkalibrasi monitor Anda (seperti yang seharusnya dilakukan oleh setiap editor profesional), tidak diragukan lagi bahwa mengkalibrasi satu layar jauh lebih mudah daripada mengkalibrasi dua layar terpisah setiap kali Anda perlu mengkalibrasi.

Intinya:

Menyesuaikan pengaturan dan mengkalibrasi satu monitor ultrawide membutuhkan separuh waktu dan upaya daripada melakukan hal yang sama untuk monitor ganda.

Resolusi dan Ukuran Layar

Seperti yang mungkin Anda ketahui, monitor datang dalam berbagai resolusi yang berbeda. Di dunia yang sempurna, pengaturan dua monitor akan mencakup dua monitor yang identik – ukuran yang sama, resolusi yang sama; seperti yang kita semua tahu, bagaimanapun, ini tidak selalu terjadi.

Meskipun Anda dapat menggunakan monitor ganda dengan resolusi berbeda, ini dapat mengganggu saat memindahkan sesuatu dari satu layar ke layar lainnya, karena Anda harus menyesuaikan ukuran apa pun yang Anda seret. Berurusan dengan dua monitor dengan ukuran berbeda memiliki kekurangannya sendiri juga.

Catatan: WQHD tampaknya menjadi tempat yang tepat untuk menggunakan perangkat lunak pengeditan foto dan pengeditan video. Menggunakan ultrawide dengan resolusi lebih tinggi benar-benar menghadirkan manfaat memiliki ruang layar yang diperluas secara horizontal.

Salah satu solusi untuk ini adalah mencocokkan resolusi kedua layar melalui pengaturan monitor.

Kelemahan dari ini , bagaimanapun, adalah Anda harus mencocokkan resolusi kedua monitor dengan resolusi layar yang lebih rendah, memaksa Anda untuk menurunkan versi layar resolusi yang lebih tinggi. Dalam pengaturan ini, satu monitor ultrawide memiliki keunggulan yang jelas karena merupakan satu resolusi yang seragam.

Dalam hal monitor yang kami gunakan dalam perbandingan monitor ultra lebar vs. monitor ganda ini, ia dilengkapi dengan resolusi WQHD+ (3840 x 1600) yang tinggi (‘+’ mengacu pada ruang layar yang diperluas secara horizontal). Memiliki monitor ultrawide dengan resolusi lebih tinggi tampaknya membantu memaksimalkan real estat horizontal ekstra dengan cara yang sangat cocok dengan layar ultrawide.

Intinya:

Monitor ultrawide adalah solusi praktis untuk memastikan resolusi dan ukuran layar tetap konsisten di seluruh tampilan Anda.

* Manfaat Tambahan: Perendaman Melengkung

Dengan pengaturan dua monitor, Anda dapat mengaturnya berdampingan atau mengaturnya pada suatu sudut, tetapi Anda tidak akan pernah bisa membuatnya melengkung. Monitor yang kami gunakan memanfaatkan layar melengkung , yang membantu menciptakan perasaan mendalam yang tidak dapat dicapai pada pengaturan dua monitor.

Intinya:

Sifat panorama dari layar ultrawide yang dipasangkan dengan panel melengkung terasa seolah-olah itu membuat penglihatan tepi Anda tetap aktif dengan cara yang nyaman yang terasa lebih alami daripada saat melihat monitor ganda.

Ultrawide vs. Dual Monitor: Keputusan

Kami sudah tahu bahwa pengaturan ultrawide dan dual monitor adalah cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas pengeditan Anda. Namun, ketika membandingkan pengaturan monitor ultrawide vs. dual, ada beberapa perubahan kualitas hidup yang signifikan yang menyertai monitor ultrawide yang tidak dapat ditandingi oleh monitor ganda.

Apakah Anda seseorang yang telah terbiasa menggunakan pengaturan dua monitor atau saat ini menggunakan satu monitor 16:9, beralih ke monitor ultrawide pasti patut dipertimbangkan. Ketika membandingkan monitor ultrawide vs. monitor ganda, monitor ultrawide pasti memiliki beberapa keunggulan signifikan dibandingkan pengaturan monitor ganda yang sulit untuk diabaikan.

Beruntung bagi kita semua, opsi monitor ultrawide (termasuk monitor melengkung ultrawide) menjadi semakin umum. Selain itu, tidak sulit untuk menemukan monitor ultrawide untuk penggunaan tertentu saat ini, seperti monitor gaming ultrawide.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi beberapa opsi monitor ultrawide untuk fotografi dan pengeditan, monitor ultrawide ViewSonic yang dirujuk dalam artikel ini juga merupakan opsi yang solid, karena dirancang untuk performa dan akurasi warna yang sangat baik.